Selamat Datang di BANDAR BOLA | Berita bola TERUPDATE dan TERAKTUAL

Buka Puasa dengan Minum Teh Ternyata Bermanfaat, Ini 5 Manfaatnya


Siapa sih yang tak pernah minum teh. Selain merupakan minuman sajian yang kerap tersaji di atas meja ketika ada tamu, teh juga menjadi salah satu minuman favorit banyak orang. Dan ternyata, teh juga kaya manfaat lho ketika diminum untuk buka puasa di bulan Ramadhan seperti ini.

Memiliki rasa dan aroma yang khas, teh menyimpan berbagai manfaat teh untuk tubuh bahkan ketika dinikmati ketika buka puasa. Tanaman teh yang memiliki nama latin Camellia sinensisi ini telah dipercaya dan dikonsumsi sebagai minuman kesehatan sejak puluhan tahun silam.

Dilansir dari Dokter Sehat, teh memiliki kandungan utama polifenol (katekin), kafein, asam amino, dan juga asam lemak omega-3 dan omega-6. Teh juga memiliki kandungan folat dan beberapa mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, mangan, dan fluoride.

Teh merupakan minuman kedua yang paling banyak dikonsumsi di dunia setelah air putih. Teh tanpa pemanis kaya akan sifat antioksidan dapat mencegah penyakit kronis dan membantu memperbaiki sel-sel tubuh.

Di masa bulan Ramadan yang sebentar lagi kita masuki, teh menjadi satu di antara minuman favorit untuk buka puasa.

1. Manfaat Teh: Meningkatkan Konsentrasi

Teh memiliki kandungan kafein yang mampu merangsang sistem saraf pusat dan melancarkan peradaran darah ke otak. Mengonsumsi teh saat buka puasa dapat meningkatkan konsentrasi.

Kandungan kafein teh lebih rendah daripada kopi dan membuatnya lebih ideal untuk dikonsumsi.

2. Manfaat Teh: Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Peneliti dari Tohoku University Graduate School of Medicine (Jepang) menyatakan manfaat minum teh adalah untuk mencegah gigi berlubang.

Bakteri Streptococcus adalah bakteri berbahaya utama di mulut dan merupakan kontributor utama untuk gigi berlubang dan kerusakan gigi. Konsumsi teh dikaitkan dengan peningkatan kesehatan gigi dan risiko karies yang lebih rendah.

Minum teh juga menjaga kesehatan tulang. Teh dipercaya mencegah tulang keropos atau osteoporosis dengan cara meningkatkan kepadatan dan kekuatan mineral tulang.

3. Manfaat Teh: Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat minum teh selanjutnya adalah meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan kafein yang ada di dalamnya mampu meningkatkan ketajaman mental dan pembakaran lemak hingga 100 kalori per hari.

Secangkir teh hijau mengandung sekitar 40 miligram kafein. Dalam satu hari batas asupan kafein manusia tidak lebih dari 300 hingga 400 miligram. Gimana, sudah tahu tentang manfaat teh untuk buka puasa? Kalau belum yakin, nih dua manfaat lainnya.

4. Manfaat Teh: Baik untuk Jantung

Minum teh dapat membuat pembuluh darah lebih fleksibel dan bersih sehingga mengurangi tekanan pada jantung karena memiliki sifat antiinfamasi.

Teh juga mengandung flavonoid yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Menurut penelitian US National Library of Medicine National Institute of Health menyatakan bahwa minum jenis teh hitam sebanyak tiga cangkir sehari untuk menurunkan risiko Penyakit Jantung Koroner (PJK).

5. Manfaat Teh: Menurunkan Kolesterol Jahat (LDL)

Manfaat minum teh lainnya adalah mampu menurunkan kolesterol jahat. Rutin mengonsumsi jenis teh hitam dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh hingga 11 persen.

Teh ini dikonsumsi sebagai obat penurun kolesterol alami. Manfaat ini didapat dari mengonsumsi teh tanpa gula.

Sebaiknya menenggak teh dengan suhu yang hangat agar terhindar dari sakit tenggorokan ketika berbuka, dan hindari minum langsung teh saat buka puasa dalam keadaan perut kosong.

Walau teh memiliki beragam manfaat yang, tidak menutup kemungkinan bahwa teh juga bisa menjadi bumerang untuk tubuh. Perlu ditekankan, mengonsumsi teh berlebih akan berisiko memicu timbulnya berbagai penyakit, terutama jika sudah diberi gula.

Belum ada Komentar untuk "Buka Puasa dengan Minum Teh Ternyata Bermanfaat, Ini 5 Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel